Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Selasa, 24 Januari 2017  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Paduan Suara Anak Vocalista Angels
[Nusantara]

Paduan Suara Anak Vocalista Angels
Jadi Juara Dunia di Shaoxing, China

KUMANDANG lagu Indonesia Raya terdengar di Gedung China Textile International Convention and Exhibition Centre, 19 Juli lalu saat Paduan Suara Anak Vocalista Angels menjuarai Kejuaraan Dunia (Grand Champion) kategori folklore dengan koreografi.
Paduan suara anak-anak dari Klaten, Jawa Tengah yang dilepas oleh Wakil Presiden Prof Dr Boediono saat keberangkatan, bersaing dengan lebih dari 475 paduan suara yang berasal dari 80 negara dan sekitar 20.000 peserta. Selain menjuarai dan meraih medali emas kategori folklore dengan koreografi, mereka juga memperoleh medali emas untuk kategori Paduan Suara Anak-anak.
Pada kejuaraan ini, Vocalista Angels membawakan beberapa lagu daerah dan juga lagu berbahasa asing yaitu Las Ammarilas dari Spanyol dan Tola dari Afrika. Untuk lagu daerah, dengan gaya mereka mengusung lagu Montor-montor Cilik, Romo Ono Maling, Go Jago, dan lagu Toki Tifa dari Maluku. Vocalista yang dimotori oleh konduktor Yason Christy Pranowo tampil sangat memikat sehingga mendapatkan tepuk tangan yang sangat riuh di setiap penampilannya, bahkan standing applaus.
Sesuai dengan pesan Wapres, Vocalista Angels bertanding dan bernyanyi dengan hati sehingga gelar terhormat sebagai Juara Dunia Paduan Suara Anak dan medali diraih dengan kebanggaan sebagai anak-anak Indonesia, jelas CA Tersierra Rosa, pimpinannya.
Prestasi Vocalista Angels di Shaoxing ini juga menjadikan Indonesia sebagai Juara Umum Kedua dalam Kejuaraan Paduan Suara Dunia ke-6 ini.
Dengan anggota berjumlah 27 anak, berusia antara 8 hingga 18 tahun dan ofisial berjumlah delapan orang, anak-anak dari keluarga menengah ke bawah ini ini tiba di Shaoxing, China tanggal 13 Juli dan langsung berlatih dan menghibur masyarakat di sekitar Taman Kota di dekat hotel mereka menginap. Selama di negara Tirai Bambu, paling sedikit mereka melakukan latihan 2 jam di taman ataupun tempat terbuka yang kadang-kadang didatangi polisi setempat karena membuat keramaian di tempat umum, meski akhirnya polisi ikut menikmati nyanyian mereka. Ini disebabkan sulitnya untuk mendapatkan tempat latihan yang memadai.
Kedatangan paduan suara yang dikelola secara swadaya oleh Ny Thea, panggilan akrab anak-anak Vocalista Angels kepada pimpinannya, telah menjadi buruan wartawan setempat dikarenakan sangat populernya nama Vocalista Angels yang telah menjuarai berbagai kejuaraan paduan suara tingkat international antara lain pada World Choir Championship di Korea Selatan tahun 2009 dengan dua medali emas untuk kategori anak-anak dan folklore. Selain mengikuti kejuaraan dunia, Paduan Suara Anak dari Klaten hasil binaan Kodam Jaya/Jayakarta tampil pada malam Konser Persahabatan di Shaoxing Theater yang dihadiri oleh Walikota Shaoxing. Juga, pentas bersama dengan para pemenang lainnya pada Konser Penutupan di Gedung China Textile International Convention and Exhibition Centre.
Banyak kendala yang dialami oleh paduan suara dalam kejuaraan dunia kali ini. Misalnya saat registrasi, nama Vocalista Angels tidak terdapat di dalam daftar panitia, sehingga ofisial harus bekerja ekstra keras menghubungi penyelenggara yaitu interkultur dan penyelenggara lokal. Selain itu, banyak volunteer dari Republik Rakyat China yang tidak dapat berbahasa Inggris. Namun patut diacungi jempol kepada Pemerintah China yang bersungguh-sungguh mempersiapkan Kejuaraan Dunia Paduan Suara yang ke-6 ini karena bertepatan dengan ulang tahun ke-2.500 tahun kota air Shaoxing.
Dalam kancah paduan suara dunia, orang tidak banyak mengetahui bahwa Indonesia menempati urutan yang sangat bergengsi, yakni peringkat 41 dunia dalam semua jenjang usia (artinya, dari anak-anak sampai kategori dewasa) dan semua jenis yang dilombakan (children choir, youth choir, chamber choir, male choir, female choir, mixed choir, jazz, spiritual, dan folklore). Untuk kategori Paduan Suara Anak, sejak 2008 Vocalista Angels menempati urutan 17 dunia. Tentu saja, dengan gelar baru sebagai Grand Champion di Shaoxing, China, Vocalista Angels akan menempati ranking dunia lebih tinggi lagi.
Selanjutnya Vocalista Angels akan berlatih untuk mempersiapkan Kejuaraan Dunia ke-7 di Ohio, Amerika Serikat.(be)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Dibalik Berbagai Isu yang Silih Berganti
Bansos Bermasalah, KONI Sumut Mendapat Rp16 M
Provinsi Banten dan Kabupaten Agar Koordinasi
Harga TBS Petani Turun Rp43,40/kg Indek K Naik
Tender di Kemendagri Sangat Buruk