Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Selasa, 24 Januari 2017  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Gangguan Listrik
[Assalamu'alaikum]

Gangguan Listrik

GANGGUAN listrik dari Perusahaan Listrik Negara atau PLN kembali terjadi di Ibukota, kemarin. Dampak negatif dari gangguan listrik itu menjalar kemana-mana dan merugikan masyarakat.
Sebagian besar lampu pengatur lalu-lintas di Jakarta padam. Arus lalu-lintas kendaraan yang memang sehari-hari nyaris tak pernah lancar di Jakarta, kemarin menjadi-jadi. Antrean panjang dan kesemrawutan arus lalu-lintas kendaraan, terutama di perpotongan jalan terjadi di berbagai tempat hingga kemarin sore.
Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga sempat mengalami gangguan dan membuat kekhawatiran masyarakat yang akan terbang, tapi kemudian --kabarnya-- bisa cepat diatasi setelah difungsikannya generator. Tapi sangat beda dengan tempat-tempat lain yang tidak memiliki generator atau generatornya terganggu, gangguan itu sangatlah dirasakan.
Yang tentu membuat banyak pihak was-was adalah di rumah sakit yang sedang melakukan tindakan darurat terhadap pasien atau korban kecelakaan lalu-lintas. Dengan padamnya aliran listrik PLN dapat mengganggu tindakan-tindakan darurat yang dilakukan oleh pihak rumah sakit tersebut.
Memprihatinkan memang. Disaat masyarakat harus menanggung beban tambahan akibat adanya kenaikan tarif dasar listrik atau TDL, tiba-tiba saja aliran listrik padam. Jika gangguan itu oleh PLN bisa segera diatasi, mungkin masyarakat tidak kecewa. Tapi jika gangguan itu belangsung lama, maka cibiran masyarakat terhadap pelayanan PLN semakin membesar.
Pihak PLN kemarin menjelaskan, travo pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Muara Karang, di Jakarta Utara mengalami kerusakan hingga mengakibatkan padamnya aliran lisrik di sebagian wilayah DKI Jakarta.
Menanggapi hal itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh juga mengatakan, banyak gardu induk listrik di Jakarta yang sudah kelebihan beban, sehingga tidak kuat menahan pemakaian listrik yang sangat tinggi. Akibatnya, seringkali terjadi kerusakan dan diakhiri dengan pemadaman listrik seperti yang terjadi kemarin.
Pihak PLN maupun menteri boleh memberikan penjelasan atau tanggapan mengenai gangguan listrik tersebut, tapi setidaknya perusahaan itu juga sudah harus melakukan suatu antisipasi. Jika gangguan itu sifatnya kecil, mungkin dampak negatifnya juga kecil. Tapi bagaimana jika gangguannya sangat besar dan menyeluruh? Dapat dipastikan dampaknya juga sangatlah besar. Berapa kerugian yang harus dipikul oleh masyarakat dan banyak pihak akibat adanya gangguan listrik tersebut?
Yang juga tidak kalah penting adalah setiap terjadi gangguan di pembangkit tenaga listrik, sudahkah dilakukan suatu penyelidikan atau investigasi mendalam? Benarkah gangguan teknis itu akibat suatu kerusakan biasa? Sebab, bukan tidak mungkin gangguan di pusat pembangkit listrik itu akibat ulah pihak-pihak tertentu, agar situasi dan kondisi negara terganggu.
Sebab, sebelum terjadi gangguan teknis di PLTU Muara Karang kemarin, sehari sebelumnya juga terjadi gangguan listrik pada jalur kereta listrik yang mengakibatkan terganggunya perjalanan kereta listrik tersebut.
Meski waktunya berbeda, kok gangguannya beruntun?

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Sensitifitas Kerakyatan
Menegakkan Disiplin
Menyikapi Perubahan di Amerika Serikat
Rakyat Kian Menjerit
Pemekaran Daerah dan Masalah Baru