Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Sabtu, 25 Februari 2017  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
TDL Baru Naik, Listrik Jakarta Padam
[Ekonomi dan Keuangan]

TDL Baru Naik, Listrik Jakarta Padam

Jakarta, Pelita
Konsumen listrik baru saja merasakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) rata-rata 10 persen dan industri 18 persen, namun pelayanan dari PT PLN (Persero) belum juga meningkat untuk dinikmati masyarakat.
Pasalnya, travo pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Muara Karang, Jakarta, Rabu (21/7); mengalami kerusakan hingga mengakibatkan padamnya aliran lisrik di sebagian wilayah DKI Jakarta.
Di wilayah Jakarta Utara, padamnya aliran listrik membuat arus lalu-lintas jalan raya mengalami kemacetan total karena tidak berfungsinya lampu-lampu pengatur lalu-lintas.
Lampu yang padam itu antara lain terjadi di kawasan Mitra Bahari, Perempatan Coca-cola, Enggano, Permai, Sunter, Ancol Gunung Sahari, Sunter Podomoro, dan Kawasan Pluit.
Pemadaman aliran listrik juga berdampak kepada warga di Muara Karang, Pluit, Teluk Gong, dan Penjaringan. Akibatnya, seluruh personel Lantas dan Polisi Polrestro Jakarta Utara terjun mengatur arus lalu-lintas.
Kerusakan PLTU Muara Karang berdampak pula pada pemadaman di wilayah sebagian wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.
Situasi macet paling parah dekat Perempatan Coca-cola Cempakamas, kata Kasat Lantas Polrestro Jakarta Utara Komisaris Polisi (Kompol) Irvan Prawira.
Manajer Area wilayah Jakarta dan Tangerang PLTU Muara Karang Purnomo Willy mengatakan, gangguan tersebut belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun kerusakan terjadi pada saklar pemutus tegangan tinggi 150 kilovolt. Ada satu alat ukur ke dalam arus mengalami kerusakan sehingga membuat salah satu travo pecah.
Kelebihan beban
Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengatakan, banyak gardu induk listrik di Jakarta yang sudah kelebihan beban, sehingga tidak kuat menahan pemakaian listrik yang sangat tinggi. Akibatnya, seringkali terjadi kerusakan dan diakhiri dengan pemadaman listrik seperti saat ini.
Kita selama ini sudah sama-sama tahu bahwa beberapa gardu induk di Jakarta sudah kelebihan beban, sehingga perlu investasi tambahan agar ke depan kemampuan instalasi listrik semakin kuat dan handal, ungkapnya.
Dirut PLN Dahlan Iskan menyesal karena tidak berani mengambil risiko dengan menggunakan mekanisme penunjukan langsung dalam pengadaan enam travo cadangan untuk memperkuat pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya.
Saya sesalkan kenapa tidak ambil risiko adakan travo melalui penunjukan langsung. Kenapa saya memilih pengadaan travo melalui prosedur yang hati-hati dan butuh waktu panjang? jelasnya.
Jika dirinya berani mengambil risiko tersebut, kemungkinan besar pengadaan travo cadangan itu akan segera terealisasi. Sehingga jika ada travo yang mengalami kerusakan atau kelebihan beban, maka Jakarta tidak perlu mengalami pemadaman seperti saat ini.
Tapi nasi sudah jadi bubur. Sekarang travo sudah dipesan dan akan selesai dipasang bulan Oktober mendatang, katanya.
Dahlan memahami jika ada masyarakat menyatakan bahwa PLN telah melanggar janjinya kalau Indonesia bebas padam mulai 30 Juni lalu, namun nyatanya saat ini masih ada pemadaman bergilir.
Saya mengerti kalau ada yang beranggapan demikian. Mereka tidak tahu kalau yang dimaksud bebas padam itu kan bebas pemadaman bergilir, bukan bebas dari pemadaman karena kendala teknis seperti ini, tuturnya.
Ia memastikan, pasokan listrik untuk seluruh wilayah Jakarta yang mengalami pemadaman secepatnya akan normal kembali.
Lebih lanjut Dahlan Iskan menyatakan masalah pemadaman listrik akibat gangguan teknis tidak bisa dihindari di negara manapun di dunia, baik itu negara kaya sekalipun.
Masalah gangguan teknis ini bisa terjadi kapan saja. Namun yang terpenting adalah kecepatan memperbaiki gangguan yang terjadi.
Dahkan, ia pernah mengatakan pemadaman bergilir listrik tak akan terjadi lagi mulai 1 Juli 2010. Namun, pemadaman listrik yang terjadi saat ini akibat masalah teknis yang tidak bisa dihindari.
Meskipun nanti Indonesia kaya dan travonya berlapis-lapis. Tetap saja tidak bisa menghindari gangguan teknis ini, tegas Dahlan.(iz/cr-7)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Presiden Perintahkan Kurangi Utang Laur Negeri
PT Jamsostek Santuni Korban KecelakaanKerja Mesin Giling Kayu
Ubud, Jadi Percontohan Penataan Ruang Kota
Puspa AgroSumber Pemasok Komoditi
Ditolak, Aturan Kenaikan TDL