Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Selasa, 24 Januari 2017  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Sail Banda Ambon akan Diwarnai Petita Ikan Seribu Rasa
[Ekonomi dan Keuangan]

Sail Banda Ambon akan Diwarnai Petita Ikan Seribu Rasa

PANITIA Sail Banda 2010 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, siang malam kerja keras menyelesaikan infrastruktur maupun fasilitas perhelatan tingkat internasional yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyon pada 3 Agustus mendatang.
Hingga kini, progres panitia dan lembaga terkait sudah mencapai 80 persen lebih. Acara akbar memang gaungnya masih kurang bila dibandingkan dengan Sail Bunaken di Manado, tahun lalu. Sebab, selain beda acaranya juga persiapannya hanya sekitar setahun.
Sail Bunaken sudah dipersiapkan sejak tiga tahun sebelumnya, kata Anggota Panitia Sail Banda Benyamin Gaspelz yang juga Kadishub Provinsi Maluku.
Acara ini tidak hanya lomba perahu yacht yang menggunakan layar, tetapi banyak bhakti sosial. Bahkan, pada puncak acara akan diwarnai dengan Petita Ikan Seribu Rasa. Petita artinya makan bersama.
Berbagai jenis ikan dimasak oleh para ahli yang sudah ditentukan resepnya oleh pakar makanan. Kemudian, makanan tadi dibawa ke tepi jalan untuk dimakan bersama warga. Ini mungkin akan ada pemecahan rekor MURI. kata pria yang dipanggil Benny.
Jumlah undangan menurutnya, sekitar 2.000 orang dan jumlah peserta lomba layar sudah mencapai 200 orang lebih. Sejumlah acara selalu diwarnai dengan tarian khas Maluku sesuai wilayah masing-masing. Presiden sendiri selain meresmikan acara itu, juga akan meninjau pelayanan kesehatan yang melibatkan ratusan tenaga medis.
Pihak Garuda yang menjadi sponsor penerbangan utama juga sudah menyiapkan diri dan pihak PT Angkasa Pura Ambon pun sudah berbenah. Mulai memperbaiki pelataran parkir, escalator hingga mengganti radar, anggarannya cukup banyak hingga Rp80 miliar.
Sementara Administrator Pelabuhan Yos Sudarso Benny Tangkuman saat dihubungi mengatakan, Pelabuhan Yos Sudarso Ambon siap dikunjungi kapal rumah sakit terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USNS MERCY T-AH91, yang dijadwalkan tiba pada 29 Juli 2010 guna mendukung Operasi Surya Baskara Jaya di Maluku.
Pelaksana Kepelabuhanan, Polsek, agen pelayaran, dan pengurus Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) telah mematangkan kesiapan untuk kunjungan kapal USNS Mercy yang dijadwalkan ditinjau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 4 Agustus 2010.
Kawasan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon juga disiapkan untuk puncak kegiatan Sail Banda yang dijadwalkan dihadiri Kepala Negara pada 3 Agustus 2010.
Tangkuman mengemukakan, menjelang Sail Banda yang rangkaian kegiatannya dijadwalkan Juni-Agustus 2010, Pelindo akan mengaspal jalan-jalan dalam kawasan Pelabuhan Yos Sudarso sepanjang 6.000 meter.
Kegiatan sosial
Selain berkoordinasi dengan Pelindo, PT Pelni, agen pelayaran, dan pengurus TKBM agar kegiatan bongkar muat dijadwalkan pada H-3 dan H+3 tidak mengganggu kegiatan Operasi Surya Baskara Jaya.
Sebab, Kapal USNS MERCY juga didukung sejumlah armada dari Selandia Baru, Malaysia, Singapura, dan Australia serta kapal rumah sakit KRI dr Soeharso.
Angkatan Laut Singapura akan mengirimkan satu unit Landing Ship Tank (LST) dan Angkatan Laut Australia dua unit Landing Craft Heavy (LCH).
Sedangkan Angkatan Laut Selandia Baru mengirimkan satu tim kesehatan dan Angkatan Laut Malaysia dan menunggu konfirmasi jumlah personel ataupun peralatan pendukungnya.
Jadi, diatur agar menjelang dan pasca-puncak Sail Banda tidak ada kapal PT Pelni maupun kontainer dari tiga unit perusahaan pelayaran yang bongkar muat di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, tutur Tangkuman.
Khusus untuk KM Lambelu yang dijadwalkan tiba di Ambon pada 26 Juli 2010, lanjutnya, sedang dikoordinasikan untuk berlabuh di Pelabuhan Districk Navigasi setempat atau Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon.
Menurutnya, Bukit Siguntang menjadi hotel terapung yang berlabuh di Teluk Dalam Ambon dijadwalkan sejak 26 Juli 2010, Kapal USNS MERCY dengan panjang 273 meter akan membawa 956 tenaga medis dan paramedis guna memberikan pelayanan gratis, terutama terkait operasi kecil hingga besar dari kegiatan Operasi Surya Baskara Jaya.
Menurut dia, dipilihnya Ambon sebagai tempat peluncuran Sail Banda karena daerah tersebut merupakan ibukota Provinsi Maluku. Selain itu, Sail Banda diprogramkan untuk mempromosikan Maluku yang terkenal dengan wisata pantai dan baharinya.
Banda hanyalah sebagai ikon karena daerah itu telah dikenal dunia sejak zaman imperialisme sebagai kota rempah-rempah. Daerah ini juga menyimpan banyak situs sejarah.
Salah satunya kota buangan tokoh proklamator Muhammad Hatta atau Bung Hatta. Keindahan alam Banda juga diyakini akan menarik minat banyak wisatawan, baik lokal maupun manca negara.(oto)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Mendag Canangkan Hari Pasar Bersih Nasional
Gejolak Harga Dipicu Liberalisasi Pangan
Pemerintah Sebaiknya Membentuk Lembaga Non-Bank
Mustafa: Perlu BUMN Baru untuk Kelola PT Inalum
Lagi, IHSG Tembus ke Level Tertinggi 2.992