Halaman Muka | Kontak Kami | Tentang Kami | Iklan  | Arsip  Edisi Rabu, 29 Maret 2017  
Politik dan Keamanan
Ekonomi dan Keuangan
Metropolitan
Opini
Agama dan Pendidikan
Nusantara
Olah Raga
Luar Negeri
Assalamu'alaikum
Derap TNI-POLRI
Hallo Bogor
 
   
 
Login
 
      
 
Password
 
 
 
   
Dunia Tasawuf
Forum Berbangsa dan Bernegara
Swadaya Mandiri
Forum Mahasiswa
Lingkaran Hidup
Pemahaman Keagamaan
Otonomi Daerah
Lemb Anak Indonesia
Parlementaria
Budaya
Kesehatan
Pariwisata
Hiburan
Pelita Hati
..
..
NILAI TUKAR RUPIAH
Source : www.klikbca.com
 JualBeli
USD 9200.00  9100.00  
SGD 6325.65  6236.65  
HKD 1187.90  1173.10  
CHF 7874.45  7769.45  
GBP 18868.05  18609.05  
AUD 8331.10  8203.10  
JPY 80.82  79.36  
SEK 1437.75  1407.65  
DKK 1776.20  1737.00  
CAD 9530.55  9376.55  
EUR 13145.74  12975.74  
SAR 2466.00  2426.00  
25-Okt-2007 / 15:41 WIB
 
 
 
Mengenal Kartini Masa Kini
[Lingkaran Hidup]

Mengenal Kartini Masa Kini
Hampir Setengah Abad Tien Setyaningsih
Mengabdi Demi Penampilan TNI dan Polri

TAK bisa dipungkiri bahwa di Indonesia banyak orang yang jadi pengusaha, tapi banyak pula yang tidak eksis. Dari sekian yang masih bertahan dalam usahanya, salah satunya adalah seorang Kartini, yakni Ny Tien Setyaningsih.
Di bawah kibaran bendera perusahaan PT Kuantan Utama, Ny Tien Setyaningsih mengawali usahanya tahun 1960-an di Surabaya, Jawa Timur. Bidang usaha yang dipilih adalah membuat atribut untuk tentara dan polisi, berupa tanda pangkat, tanda jabatan, dan badge. Untuk mengerjakan atribut tersebut Tien mengawalinya dengan peralatan sablon sederhana.
Meski dari dasar, Ny Tien menjalankan usahanya dengan sabar, telaten, teliti, konsisten, dan tidak mengenal menyerah. Betapa tidak? Dari usaha yang semula sangat sederhana dan berkat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa, Ny Tien Setyaningsih mampu menunjukkan kepada negara bahwa saat ini PT Kuantan Utama merupakan satu-satunya rekanan TNI dan Polri yang paling lengkap hasil produksinya yang berbasis komputer, seperti Computer Numeral Control (CNC), Computer Aided Design (CAD), Computer Aided Manufactur (CAM), Electrical Discharge Machine (EDM), dan Wire Cut (mesin pemotong besi/baja dengan benang kawat yang cara pengoperasiannya dengan komputer).
Tanpa pernah menghitung untung-rugi, Ny Tien Setyaningsih yang sudah hampir setengah abad memutar roda-roda perusahaannya terus melakukan riset, percobaan, melakukan kunjungan dan ikut pameran di dalam dan luar negeri. Saya pergi ke beberapa negara maju untuk melihat bagaimana penampilan tentara dan polisinya. Juga mengikuti pameran-pameran bertaraf internasional. Dari situ saya melakukan riset dan melakukan berbagai ujicoba. Kenapa? Saya ingin melihat para prajurit TNI dan Polri tampil gagah, keren, dan berwibawa. Itu yang terus saya lakukan, katanya.
Karena itu, jangan heran jika saat ini di perusahaannya terdapat mesin-mesin canggih semuanya serba komputer yang mampu memproduksi seluruh atribut TNI, Polri, dan kalangan sipil. Satu hal yang tidak dimiliki rekanan yang lain, PT Kuantan Utama mengantungi Surat Keputusan (Skep) baik dari Panglima ABRI/TNI, Kepala Staf Angkatan, dan Kapolri. \"Jadi apa yang saya produksi, semuanya resmi, mulai dari atribut Capratar, Taruna, Kadet, dan para Karbol,\" kata Ny Tien Setyaningsih menjelaskan.
***
MESKI sudah bertahun-tahun perusahaannya memproduksi, menerima pesanan, dan menjual atribut untuk TNI dan Polri; Ny Tien menyatakan tidak akan berhenti untuk meningkatkan kualitas produknya. Selain kualitas yang berstandar internasional, sifat transparan juga diutamakan dalam menjalankan usahanya. Karena itu semua pihak yang ingin melihat hasil produksi atau mengetahui proses produksi PT Kuantan Utama; dipersilakan datang ke Sentra Salemba Mas di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. \"Saya transparan dan obyektif. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Saya tidak mau dituduh contohnya bagus, tapi produksinya jelek,\" kata perempuan yang sudah mematenkan seluruh hasil ciptaannya.
Berkat usahanya itulah, tahun lalu Ny Tien Setyaningsih memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai orang pertama yang membuat tanda pangkat, atribut, dan perlengkapan TNI dan Polri; dengan peralatan teknologi moderen berbasis riset.
Banyak hasil produksi orisinil dan buah riset Ny Tien, di antaranya tanda pangkat Bintang Lima (Jenderal Besar TNI) yang dipersembahkan untuk Jenderal Besar Soedirman, AH Haris Nasution, HM Soeharto.
Juga para personel TNI yang menunaikan tugas ke luar negeri dibawah naungan PBB, badge dan kalung jatidirinya juga hasil produksi PT Kuantan Utama.
Di usianya yang lebih dari 70 tahun, \"Kartini\" masa kini itu tetap mendambakan penampilan rapi, seragam, gagah, keren, dan berwibawa para prajurit TNI dan Polri. Apalagi para prajurit muda saat dilantik oleh Presiden. Kalau penampilan mereka rapi, gagah, keren, dan atribut seragamnya bagus; kan kita juga yang bangga, katanya.
Selain atribut buat prajurit TNI dan Polri, produk yang dihasilkan PT Kuantan Utama adalah kalung jatidiri yang didatangkan dari Amerika Serikat, termasuk yang terbaru pinggirannya loreng produksi tahun 2007.(be)

 
Baca Komentar Beri Komentar
Kirimkan Artikel Cetak Artikel
 
 
Liku-liku Cinta Dinamis
SILATURAHMI, Merajut Temu Jodoh
SILATURAHMI, Merajut Temu Jodoh
Keintiman yang Hakiki...